VISIT BATAM : PENGALAMAN PERTAMA KALI KE BATAM

Februari 28, 2018


Hello guys,


Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang kota Batam dan jembatan ikonicnya, Jembatan Barelang juga beberapa tempat lainnya yang tertangkap kamera penulis.. Mungkin sudah ga asing lagi tapi gapapa. Kan saya yang mau cerita jadi gapapa yaaa...

Jadi, awalnya aku gak pernah kepikiran akan menapakkan kaki di Batam. Tapi kita gak tau kan, besok apa yang terjadi? Beberapa hal terjadi dan dengan keputusan an yang bulat. Okedeh! Go!

Nah, saya akhirnya dapat kesempatan untuk menyambangi kota Batam yang terkenal sebagai kota industri itu.
Batam adalah salah satu kota dalam provinsi Kepulauan Riau, terkenal dengan kota Industri. Gatau kalau sekarang.  Memang iya, banyak kawasan industri di Batam. Gak heran banyak yang merantau kekota ini. Setiap saya ketemu orang baru dan bertanya asal mereka, rata-rata dari provinsi lain semua! Teryata isu-isu susahnya mencari kerja di Batam tidak mempengaruhi mereka mengadu nasib disini.

Saya berangkat ke Batam menggunakan pesawat Lion Air. Cukup banyak pesawat yang berangkat hari itu. Berhubung ingin menemui teman yang esoknya akan kembali ke Jakarta, saya akhirnya memilih penerbangan pukul 15.40 . Dipesawat saya dapat teman yang ceritanya balik ke Tanjung Pinang karena libur semester tiba.  Lalu eman duduk saya yang satunya adalah seorang ibu yang cukup berumur yang ternyata hanya transit di Batam, selanjutnya menuju Jambi. Tidak banyak penumpang pesawat saat itu. Ada banyak kursi kosong dibelakang saya. Wah. Dan yang paling penting saat naik pesawat adalah? Foto jendelanya!
Bodo amat mau dibilang alay.



Singkat cerita, setelah mendarat dan ambil bagasi, saya keluar dari bandara setelah mendapatkan kontak teman baru saya di Tanjung Pinang itu. Lumayan nanti kalau kesana udah ada teman dong. Lalu terlihatlah bandara Hang Nadim itu. Jujur agak kaget karena saya pikir Hang Nadim akan megah sekali tapi ternyata biasa aja. Ya gapapalah toh udah internasional kok bandaranya.





Saya langsung menuju rumah paman  di daerah Batu Aji dengan menggunakan motor. Ohya, bandara menyediakan bus Damri khusus yang menjangkau halte halte sepanjang jalan di Batam. Ada juga taxi dan ojek. Saran saya, tawar menawar harga dulu ya, kalo ga kaget aja pas bayarnya ,gitu.

Saya cukup takjub saat meninggalkan bandara. Temen saya pernah bilang sih kalau di batam itu berangin, tapi saya ga nyangka aja anginnya lumayan kencang apalagi kalau sedang mengendarai motor. Trus kalau di Pekanbaru kan banyak bangunan dan jarak bangunan ke jalan cukup dekat, berbeda dengan di Batam, jarak bahu jalan ke bangunan nya jauh jadi focus jalan dan pohon-pohonnya. Meskipun Batam cuacanya panas, tapi anginnya lumayan, keringat kamu jadi kering lagi deh. Yah, kan kepulauan jadi banyak lautnya, kan.




Jarak satu tempat ke tempat lain cukup jauh, jadi pakai transportasi ya. Ada beberapa pilihan transportasi umum di Batam. Angkot, Trans Batam, ojek, dan taxi. Untuk ojek dan taxi biasa , saya sarankan tanya dulu harganya, nanti kena mahal lho. Untuk Trans batam , tarifnya 4000 rupiah untuk umum dan 2000 rupiah untuk pelajar. Tarif angkot mulai dari 5000 -8000 rupiah, tergantung jauh dekatnya tujuan. Angkutan umum ini menjangkau seluruh kota batam. Beberapa memang harus menggunakan ojek juga, sih. Untuk pendatang baru, lebih baik install ojek online deh! Tarifnya lumayan, bisa menghemat. 



Ohya , bagi yang hobi shopping tenang aja! Banyak mall kok, ada Kepri Mall, Mega Mall, Panbil Mall, apalagi di Nagoya Hill Shopping Mall. Banyak turis dari Singapura yang sengaja datang untuk shopping.   Tapi… gaada kosmetik korea ah L Padahal saya udah muter dua kali tetep ga ketemu aloe gel nya Nature Republik. Ekspektasi ya bakal ada , tapi udah cari di keempat Mall tersebut . Gaada.




Bagi yang berkunjung ke Batam , sayang banget kalau ga sekalian ke Singapura. Deket lho. Pelabuhan ada di depan Mega Mall, Batam Center.  Ongkos Pulang-Pergi sekitar 270 ribu. Ulasan tentang jalan-jalan hemat ke Singapura via Batam  menyusul ya. Tunggu saya kesana dulu. Hehehehe..

Nih, pelabuhan Feri yang berlokasi di Batam Center. Bersebrangan dengan Mega Mall dan ada jembatan penghubungnya langsung antara Mega mall dan Pelabuhan. Jadi kalau jajan kuliner di Mega Mall lantai paling atas, langsung bisa lihat lautnya. 




Segitu aja dulu cerita saya seputar Kota Batam. Postingan selanjutnya tentang jembatan Barelang dan Pasar Aviari (pasar seken)  ya. Tungguin ya!



FOLLOW IG @mayaafrilia


You Might Also Like

2 komentar

  1. Hahah! Hi maya! Tenang... aku juga tim #windowseat cuma buat foto jendela dan nikmatin gerombolan awan di langit dari deket kok! Gak ada yg bilang alay kok klo kamu jepret jendela! Hihi

    BalasHapus
  2. Seru ya mbak. Pengenlah juga main ke Batam. Apalagi mumpunng masih tinggal di PKU. hehe.. maklum kami nomaden.

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images