Pentingkah Resolusi Tahun Baru ?

Desember 29, 2019




 2 HARI MENUJU AWAL TAHUN 2020


Aku jadi berkeringat dingin, antara excited dan deg-degan. Apa ya yang akan aku hadapi setahun kedepan ?

Otakku mulai menyusun resolusi tahun baru , yang sebenarnya akumulasi resolusi tahun sebelumnya dan beberapa tambahan.
Ada yang berbeda untuk tahun 2020 kedepan. Aku ingin mengapresiasi diriku. Aku ingin memberitahu diriku bahwa aku sudah melakukan yang terbaik dan berusaha keras. Aku ingin lebih mencintai diriku lagi.


Aku sering berpikir. Apa menunggu kembang api menghiasi langit dan suara terompet itu yang menandakan kita harus berubah?



Tiap kita berjanji berubah menjadi lebih baik di tahun depan, tapi mengapa harus dimulai tahun depan? Kenapa tidak sekarang , saat kita mulai memikirkan apa saja perubahan yang kita perlukan dalam hidup.Berubah menjadi lebih sehat, lebih sabar, lebih tenang, lebih bisa mengontrol diri dan banyak lainnya.

Mari kita mulai dari sekarang saja tidak perlu menunggu pergantian tahun. Ini sebenarnya pengingat bagi diriku yang kadang gemar menunda sesuatu.


Ohya , aku mau bahas alasan kita perlu Resolusi Tahun Baru. Beberapa orang mungkin menganggap hal itu tidak perlu tapi kalau menurutku pribadi, Resolusi Tahun Baru itu perlu tapi dibarengi dengan DISIPLIN DAN KONSISTENSI.


Dengan membuat resolusi untuk 1 tahun kedepan, kita jadi punya semangat lebih untuk mencapai impian. 1 langkah kecil setiap hari tentunya sangat berarti.



Berikut manfaat dari membuat Resolusi Tahun Baru:

1.Kejelasan Tujuan




Kita bisa menentukan fokus utama kita di tahun ini. Mungkin mau branding diri, memperdalam teknik fotografi, membuka usaha baru dan sebagainya . Kita jadi fokus dengan tujuan tersebut dan memikirkan langkah-langkah untuk mencapainya.

2. Evaluasi diri



Hidup memang mengalir terus dan waktu terus meninggalkan kita. Kadang kita lupa bahwa kita bertanggung jawaab dengan waktu yang telah diberikan oleh Sang Pencipta. Apakah selama ini kita hidup dengan produktif atau terlalu banyak bersantai? Kita bisa mengevaluasi diri kita dengan melihat Resolusi yang telah dicapai.

3. Reminder



Ketika masalah datang , kita hilang semangat dan menjadi bingung. Kita butuh pengingat untuk kembali sadar bahwa ada impian yang harus dikejar.



Nah, itulah manfaat memiliki Resolusi Tahun Baru . Akan ada banyak hal yang terjadi kedepannya dan mungkin menyulitkan kita mencapai apa saja yang kita targetkan tahun depan. Berusahalah dan giatlah. Tapi jangan lupakan kesehatan mental dan fisikmu. Lakukan dengan seimbang. Apresiasi dirimu untuk hal hal kecil yang telah berhasil kamu lakukan.

Sekian dulu bahasan tentang Resolusi Tahun Baru. Salah satu resolusiku adalah aktif ngeblog lagi di 2020. Aku penasaran , apa resolusi tahun baru kalian ? Boleh di tulis dong di kolom komentar sebagai pengingat dan pemacu semangat untuk mewujudkannya :)

You Might Also Like

17 komentar

  1. Hmm aku adalah tipe yang mungkin tidak terlalu membuat resolusi in details. Tapi harapan2 itu selalu ada dan berdo'a agar di kabulkan. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Aku jarang bikin resolusi tapi aku berharap bisa mewujudkan mimpi yg belum semoat terwujudkan. Mungkin itu jga bgian dri resolusi

    BalasHapus
  3. ngikutin tipe orang sih, aku juga paling males buat list resolusi, tai sekarang udah agak mencoba tertata, disiplin list utama kku untuk 2020

    BalasHapus
  4. Setuju... Apresiasi terhadap diri sendiri itu penting ya mbak. Biar kita makin semangat berjuang mengapai target-target yang ingin kita capai.

    BalasHapus
  5. Kalau aku sih termasuk orang yang pro sama resolusi, tapi ya resolusinya itu yang masuk akal biasanya sih. Biar nggak membebani diri sendiri. Semoga bisa aktif ngeblog kayak mbaknya juga.

    BalasHapus
  6. Setuju banget. Aku juga selalu bikin resolusi tahun baru, sayang aja 2019 kemarin gak bikin dan 2019 jadinya agak berantakan huhu. Semoga tahun ini membaik.

    BalasHapus
  7. Bener banget kak, gak harus nunggu pergantian tahun untuk berubah jadi lebih baik, kan? Dimulai dari sekarang. Bagiku, resolusi tahun baru juga penting. Trimakasih sharingnya kk:))

    BalasHapus
  8. Setuju banget kalau resolusi bisa jadi pengingat sepanjang tahun. Kalau lupa tujuan, kita balik lagi ke resolusi. Jadi nggak nyasar dan hilang arah. :)

    BalasHapus
  9. Aku punya resolusi, tapi ga dijadiin beban sih, cuma sebatas pengingat aja kalau-kalau bingung arah dan tujuan yang harus dicapai.

    BalasHapus
  10. Resolusi ku di tahun 2020, bisa disiplin dan konsisten, seperti yang ditulis mba Maya di atas. Susah pastinya, tapi semoga kita bisa selalu ingat dan terpacu untuk mewujudkan setiap resolusi kita. Happy New Year mbak!

    BalasHapus
  11. Apa kabar resolusi ku ditahun2 lalu yaaa wkwkkwk, biasanya aku buat resolusi sih may, tapi dua atau tiga tahun belakangan sudah ngga ada, tapi selalu berdoa untuk yang terbaik di tahun2 kedepannya buat kita semua, aamiin

    BalasHapus
  12. Well, aku tipikal yang gak pernah punya resolusi tahun baru. Karena seringkali resolusi tahun baru nya cuma bertahan minggu pertama di tahun yg baru aja. 288 hari kedepannya malah udah lupa apa resolusi tahun baru ha ha.

    That’s why I dont call them a new year’s resolutions. I prefer the term “casual promises to myself” thus I’m under no legal obligation to fullfill it. Haha

    BalasHapus
  13. Penting banget emang nentuin tujuan. Dari sana baru bisa mulai mau bikin langkah apa. Kiri dulu apa kanan dulu. Hehe semoga resolusi ga ketinggalan di buku agenda, tapi terceklis dengan bangga nantinya.

    BalasHapus
  14. Setelah membuat resolusi setiap awal tahun dari beberapa tahun yang lalu, sekarang aku bisa mengambil kesimpulan bahwak resolusi akhir tahun itu gak penting-penting amat. Soalnya gak ada pengaruhnya. hahahaa

    BalasHapus
  15. Resolusi perlu, tapi lebih perlu lagi yang achieve-able. Soalnya kalau dievaluasi banyak gagal daripada berhasilnya malah bikin gak semangat.

    BalasHapus
  16. Semangat May.
    Jangan kasih kendor, 2020 harus lebih baik 👍

    BalasHapus
  17. tahun ini aku bikin, karena dulu2 ga ada bikin may

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images